LIMA PESAN RASULULLAH

Tahukah kalian apa yang dialami sahabat Rasulullah ketika akan berpisah dengan kampung halamannya untuk berdakwah ke Yaman????

VALENTINE DALAM ISLAM

Bagaimana hukumnya merayakan valentine dalam islam ?

MANFAAT SALING MEMAAFKAN

Memaafkan adalah sebuah proses perdamaian dengan diri sendiri. Diawali dengan pengakuan akan adanya rasa sakit, seseorang yang memberi maaf justru akan merasa lebih rileks untuk menerima kondisinya.

SABAR

Sabar adalah satu kata yang sering kita ucapkan dan kita dengar, namun tidak mudah untuk kita amalkan dengan sempurna.

MANUSIA MATREALISME

Dunia materialis berpijak pada prinsip bahwa alam raya ada dengan sendirinya dan bersifat kekal, sehingga manusia hanyalah sebagai akibat adanya alam raya, hidup dan matinya tidak memiliki suatu tanggungjawab.

Selasa, 14 Februari 2012

LIMA PESAN RASULULLAH

Tahukah kalian apa yang dialami sahabat Rasulullah ketika akan berpisah dengan kampung halamannya untuk berdakwah ke Yaman???? Beliau adalah Muadz bin Jabal. Beliau menangis saat berpamitan kepada Rasulullah untuk berangkat berdakwah ke Yaman.

Kemudian Rasulullah SAW berpesan kepada Muadz dan kita semua. Beliau bersabda:

لاَ تَجْزَعْ إِنَّ الْجَزَعَ مِنَ الشَّيْطَانِ يَامُعَاذُ إِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَاكُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ يَامُعَاذُ اذْكُرُ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ عِنْدَ كُلِّ حَجَرٍ وَشَجَرٍ وَمَدَرٍ

Artinya:

"Janganlah bersedih, karena sesungguhnya bersedih itu datangnya dari syaitan. Wahai Muadz, bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, ikutilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan akan menghapuskannya, dan berakhlaklah kepada orang lain dengan akhlak yang baik. Wahai Muadz, ingatlah selalu kepada Allah azza wa jalla, baik ketika berada di daerah bebatuan, daerah penuh pepohonan maupun daerah perkotaan."

Dari pesan Rasulullah SAW di atas, ada lima hal yang harus kita lakukan agar dapat menjalani kehidupan ini dengan baik. Dengan kehidupan yang baik kita tentu dapat masuk dalam surga Allah SWT. Amien...

Yang pertama adalah JANGAN BERSEDIH, sedih adalah hal yang wajar apalagi bagi kita remaja. Kita sering mengalami berbagai kesedihan misal dijauhi teman, diputus pacar,kehilangan barang yang disuka dan hal-hal lain yang membuat kita galau. Kesedihan memang hal yang sah-sah saja, namun menjadi tidak wajar jika kita menjadi berlebihan dengan rasa sedih itu. Yang dimaksud berlebihan adalah saat sedang sedih kita menjadi tidak mau pergi bekerja atau ke sekolah, dan menjalani hidup normal hanya karena kehilangan sesuatu atau seseorang yang berharga. Bahkan yang lebih parah jika kita tidak mau shalat dan menyembah Allah. Kesedihan seperti ini yang bisa mendatangkan syaitan.

Karena itu suatu ketika pernah Muadz bin Jabal nampak begitu sedih ketika akan berpisah dengan Rasul dan para sahabat serta harus meninggalkan kota Makkah yang dicintainya, beliau menyatakan bahwa kesedihan datangnya dari syaitan bila hal itu sampai menyebabkan semakin berat langkah Muadz untuk menunaikan tugas. Laa Tajza’ dalam hadits di atas bisa dipahami sebagai tidak sabar terhadap sesuatu yang menimpa yang membuat seseorang menjadi sedih.

Yang kedua BERTAQWA EVERYTIME AND EVERYWHERE , taqwa adalah selalu melaksanakan semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya. Oleh karena itu kita harus bertaqwa pada Allah SWT dalam situasi dan kondisi apapun. Karena ketaqwaan kita pada-Nya merupakan kunci kemuliaan kita di mata-Nya. Bila seseorang telah bertaqwa, maka ia menjadi manusia yang paling mulia sebagaimana Allah SWT berfirman:

يَـآيُّهَا النَّاس اِنَّا خَلَقْـنـاكم مِن ذَكَرٍ اَوْ اُنثَى وَجَعَلنكُم شُعُوبًا وَّقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوا اِنَّ اَكرَمَكُم عِندَ اللهِ اَتقَكمْ اِنَّ اللهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu terdiri dari seorang lelaki dan perempuan dan menjadikan kamu bersuku-suku dan berbangsa-bangsa supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah diantara kamu adalah orang yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS Al Hujurat [49]:13).

Yang selanjutnya adalah MENGHAPUS KEBURUKAN DALAM KEBAIKAN. Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Oleh karena itu, wajarlah bila manusia berbuat kesalahan dan dosa. Namun, kita tidak boleh menjadikan kesalahan tersebut sebagai HABIT. Kita dapat menghapuskan keburukan dengan bertaubat secara istiqomah dan mendominasi hidup kita selanjutnya dengan amal baik.

Berikutnya, kita harus BERBUAT ATAU BERAKHLAK BAIK. Dalam kehidupan masyarakat kita harus bersosialisasi dengan baik. Dalam bersosialisasi kita harus berbuat baik pada sesama makhluk Allah SWT. Akhlak yang baik pada diri manusia menjadikan cermin dari keimanan yang sempurna, sehingga amat penting untuk menunjukkan akhlak manusia dihadapan sesama manusia.

Yang terakhir, SELALU BERDZIKIR PADA ALLAH SWT DAN TIDAK LUPA BERSHALAWAT. Dengan berdzikir dan bershalawat kita akan senantiasa dalam lindungan-Nya. Karena dzikir dan shalawat adalah realisasi dari kecintaan kita pada Allah SWT dan rasul-Nya.

Sebagaimana firman Allah swt:

يَآ يُّـهَـا الَّذِين اَمَنُوا اذُكُـرُ اللهَ ذِكرًا كَثِيرُا ...

"Hai orang yang beriman, berdzikirlah kamu kepada Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya"(QS Al Ahzab [33]:41).

Itulah lima pesan yang disampaikan rasulullah yang harus kita ingat dan kita terapkan serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan Allah SWT menyertai kita semua. Amien...

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar