LIMA PESAN RASULULLAH

Tahukah kalian apa yang dialami sahabat Rasulullah ketika akan berpisah dengan kampung halamannya untuk berdakwah ke Yaman????

VALENTINE DALAM ISLAM

Bagaimana hukumnya merayakan valentine dalam islam ?

MANFAAT SALING MEMAAFKAN

Memaafkan adalah sebuah proses perdamaian dengan diri sendiri. Diawali dengan pengakuan akan adanya rasa sakit, seseorang yang memberi maaf justru akan merasa lebih rileks untuk menerima kondisinya.

SABAR

Sabar adalah satu kata yang sering kita ucapkan dan kita dengar, namun tidak mudah untuk kita amalkan dengan sempurna.

MANUSIA MATREALISME

Dunia materialis berpijak pada prinsip bahwa alam raya ada dengan sendirinya dan bersifat kekal, sehingga manusia hanyalah sebagai akibat adanya alam raya, hidup dan matinya tidak memiliki suatu tanggungjawab.

Selasa, 14 Februari 2012

DOA


Kalau kata Syahrini ‘Allhamdullilah yaah, SOLSEPATU’, tapi kalau kata orang di kampoeng saya ‘practice without pray is nothing’ yang artinya adalah sesuatuh usaha tanpa do’a hasilnya nihil. Ibarat kata dompet tanpa uang, kosong kan jadinya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa do’a itu sangat penting. Bahkan dalam islam sangat dianjurkan berdoa padanya. Seperti firman Allah SWT dalam (Q.S: Al-Mu’min 60)
(وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ) -المؤمنون: 60-.
“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu..” (QS Al-Mu’min 60)
Bahkan takdir sekalipun bisa diubah hanya dengan do’a seperti firman Allah SWT berikut ini:
(لاَ يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلاَّ الدُّعَاءُ، وَلاَ يُزِيْدُ فِى الْعُمْرِ إِلاَّ الْبِرُّ) -الترمذي-
“Tidak ada yang mampu menolak takdir Allah kecuali doa”.
Pernahkah teman-teman sekalian berdoa?? tentu saja jawabannya pernah. Apalagi, ketika kita sedang menginginkan sesuatuh pasti do’anya akan lebih rajin dari biasanya. Walaupun demikian, memperbanyak do’a tetap lebih baik daripada meninggalkannya, karena dalil-dalil yang menganjurkan berdoa sangatlah banyak.
Kadang kita berdo’a kepada-Nya tentang jodoh “Ya Allah jika dia jodohku dekatkanlah, jika bukan cek lagi dong Ya Allah mungkin itu salah”. Berhari-hari galau karena doa’anya tak kunjung mendapat jawaban dari Allah. Bahkan, tangisnya pun sampai tak mengeluarkan air mata. “Ya Allah Ya Rabb, jadikanlah rasa sayangku seperti kasih sayang antara Nabi Muhammad SAW dan Siti Khodijah r.a serta jadikanlah rasa rinduku seperti rindu yang selalu mengikat Fatimmah Az Zahro dan Ali Bin Abi Thalib. Jika itu berlebihan cukupkanlah ridhoMU untuk kami”
Sesungguhnya Allah sedang menguji kesabaran kita, ketika kita meminta kesabaran yang lebih maka Allah SWT akan senantiasa memberikan cobaan yang berlimpah untuk kita. Gunanya yang tak lain dan tak bukan hanyalah untuk menguji sejauh mana kesabaran kita. Tapi ingat ! Allah SWT tidak akan menguji kita diluar batas kemampuan makhluknya.
Ketika do’a- do’a kita tidak kunjung dikabulkan oleh-Nya janganlah langsung berhenti berdoa dan marah. Lalu berkata bahwa Allah SWT tidak adil. Yang sebenarnya terjadi adalah, bukannya Allah SWT tidak adil, tapi kita yang tidak sabar menunggu keadilan itu datang. Sesungguhnya Allah SWT maha Adil, Yang Maha Kuasa tidak pernah membelokkan keadilan (Ayub 34:12)
Sesungguhnya tiada do’a yang tidak diijabah oleh Allah SWT, tidak ada do’a yang tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Ketika do’a – do’a kita tak kunjung mendapat jawaban darinya, maka Allah SWT sedang menyeleksi do’a kita, mana yang kita butuhkan mana yang tidak. Karena Allah SWT memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan karena apa yang kita inginkan belum tentu kita butuhkan tapi apa yang kita butuhkan suatu saat pasti akan kita inginkan.

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar